Sunday, August 28, 2011

Kemana Air Kotor Kita?

sebenarnya ini pelajaran yang saya dapatkan di kelas Infrastruktur Wilayah dan Kota mengenai Infrastruktur kota terutama tentang Sewer dan Waste water. Bagaimana seharusnya pengalirannya. bagaimana pengolahannya yang benar. siapa pihak yang bertanggung jawab sampai permasalahan yang dihadapi sebagian besar kota di negara ini.

sebagian besar masyarakat awam di negara ini (termasuk saya sebelum kelas inwilkot) menganggap air kota\or yang telah digunakan untuk mandi cuci kakus dan kebutuhan dapur dialirkan ke selokan / got / bandar. ternyata itu salah. seharusnya air-air sisa itu dialirkan lagi kedalam suatu pipa yang menuju suatu tempat pengolahan sehingga bisa diolah kembali menjadi air yang bisa digunakan untuk kebutuhan lain. bahkan jika memungkinkan, diolah kembali menjadi air bersih.

bagi pencinta film Hollywood pasti sangat familiar dengan ruangan2 berbentuk tabung dibawah tanah (sewer) dimana hidup manusia gelandangan dan tikus2. sewer tersebut  adalah saluran air kotor yang dimaksud. sehingga tak perlu ada selokan dilingkungan rumah yang pastinya akan menjamin kesehatan dan kebersihan. sayang, baik pemerintah maupun instansi terkait tidak tahu dan tidak mencari tahu hal ini. 

nantinya, saya akan coba menjelaskan tentang sewer sistem ini, saat kelas inwilkot ini berakhir, sehingga pemahaman saya sudah cukup baik tentang sistem air kotor dan bersih.